08.16
0

Makam Bulus Hadi Purwo terletak di Dukuh Bulus Krajan, Desa Bulus, Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. Komplek Makam Bulus Hadi Purwo merupakan salah satu bangunan bersejarah yang hingga kini masih dijaga kelestariannya. Di sinilah Cokronegoro dimakamkan.

Cokronegoro I wafat pada 23 September 1862 di usia 83 tahun. Bangunan makam utama ini berbentuk limasan. Di atas pintu gapura makam utama sebelah luar terdapat tulisan dengan angka1835. Sementara pada bagian sisi dalam pintu gapura bertulisan angka 2002. Komplek makam Bulus Hadi Purwo dikelilingi pagar tembok. Pintu gerbang dinaungi atap berbentuk limasan yang ditopang dua kolom persegi dengan daun pintu kupu tarung panil kayu.


Di halaman makam utama terdapat makam Cokronegoro IV yang dulu dimakamkan di Lempuyangan, Yogyakarta. Pemindahaan makam Cokronegoro IV dari Yogyakarta ke Makam Bulus Hadi Purwo pada tahun 2003. Di area itu juga terdapat makam Jayeng Kewuh, pembantu setia Cokronegoro I yang dulu diangkat sebagai glondhong Desa Sucen seumur hidup. 

Khusus makam Cokronegoro I dinaungi cungkup bentuk limasan berdinding kawat ram dengan pintu kupu tarung panil ram. Bangunan cungkup dilapisi kain kelambu warna putih. Nisan berbentuk lingga warna hitam kuning dengan motif tumpal berdiameter 18 – 52 cm, jirat persegi warna hitam dan diatasnya terdapat tulisan warna kuning. 

Jirat nisan tersebut terbuat dari batu hitam. Di atas jirat terdapat tulisan dengan huruf Jawa “Kanjeng Rahaden Hadipati Cokronagoro” dan tahun dengan angka Jawa 17 – 73. Terdapat pula tulisan dengan huruf pegon “Lailahaillalla Muhammad Rasululloh” yang tertera di antara dua nisan. Sejajar dengan nisan terdapat tulisan huruf pegon yang berbunyi “Hijrah dzulhijah awal”
Di sebelah kiri terdapat makam garwo padmi Cokronegoro I, yaitu Bendara Raden Ayu Tumenggung Cokronegoro I, Ibu Cokronegoro I, dan garwo selir. Untuk makam garwo selir dinaungi cungkup bentuk kerucut, dinding ram kawat dan pintu panil ram kawat. Di sebelah kanan terdapat makam Raden Tumenggung Suronegoro dan garwo selir dari Kaligesing. Selain itu juga masih ada sejumlah makam kerabat Cokronegoro I.


0 komentar:

Posting Komentar